Jet Tempur Generasi Ke-6 Tidak Membutuhkan Pilot?

Jumat, 12 November 2010



Era drone mulai menjelang. Militer Amerika sudah mulai ancang-ancang mengurangi kebutuhan akan pilot tempur dengan mewajibkan pesawat tempur generasi mendatangnya harus bisa dikendalikan dari jarak jauh seperti sebuah drone.

Tentu saja ini tidak berarti AU Amerika akan menyingkirkan semua pilotnya, setidaknya tidak dalam waktu dekat. Meski demikian, ini pertanda jelas bahwa teknologi robot telah mengalami kemajuan pesat hanya dalam waktu singkat. Militer Amerika bahkan telah memakai robot secara massal untuk melumpuhkan bom, melakukan pengintaian udara dan bahkan operasi pembedahan. Semua ini sudah cukup untuk membuat orang berpikir berapa lama lagi sebelum piranti keras yang dulunya mendampingi prajurit di medan perang, pesawat, tank, helikopter dan sebagainya, akan dikendalikan dari jarak jauh atau sepenuhnya otomatis.

Meski begitu, tampaknya rencana Next Generation Tactical Aircraft (TACAIR) masih butuh waktu lama untuk terwujud. Namun ini tidak menghentikan Boeing untuk merilis sebuah foto(lihat gambar di atas) akan seperti apa jet tempur tanpa awak di masa depan. Semoga saja saat itu Indonesia juga sudah mampu memproduksi pesawat jet tempur sendiri.

0 comments:

Posting Komentar