Ahmadinejad: Takkan Ada Negosiasi Nuklir

Jumat, 12 November 2010

Teheran - Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad menyatakan dengan tegas bahwa masalah nuklir negaranya bukanlah hal yang bisa dinegosiasikan.

Para diplomat Barat telah menyatakan akan memberikan Iran kesempatan untuk berbicara mengenai program nuklir mereka dalam sebuah forum. Amerika Serikat, Prancis, Rusia, Inggris, Jerman dan China akan hadir dalam forum yang digelar akhir November ini.

"Kami telah berulangkali menyatakan, hak nuklir kami bukanlah sesuatu yang bisa dibicarakan. Kami hanya mau berunding mengenai memecahkan masalah internasional, demi tercapainya perdamaian," ujar Ahmadinejad dalam siaran televisi, sebagaimana dikutip Yahoo News.

Diplomat Uni Eropa di Brussels, Belgia mengatakan, Ahmadinejad sebenarnya tidak menutup pintu diskusi terhadap masalah nuklir. Pemimpin Iran itu juga mempertahankan posisi dan haknya unutk mengembangkan tenaga nuklir, seperti banyak negara lainnya.

Dalam sebuah surat tertanggal 9 November yang dilihat Reuters, kepala negosiator Iran Said Jalil menyatakan kepada kepala urusan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton bahwa ia siap bertemu pada 23 November atau 5 Desember di Turki. Negara tersebut anggota Pakta Perjanjian Atlantik Utara (NATO) dan kandidat anggota Uni Eropa.

0 comments:

Posting Komentar