Terungkap, Tingginya Kasus Stroke di AS

Minggu, 26 Desember 2010

Suatu wilayah di AS memiliki kasus stroke yang tinggi. Berdasarkan studi terbaru, ditemukan penyebab penyakit tersebut yaitu menggoreng ikan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, ikan goreng dapat menyebabkan masyarakat mengalami stroke.

Mengkonsumsi ikan bisa menyehatkan karena ikan merupakan sumber utama asam lemak omega 3. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa ikan mampu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Karenanya, Asosiasi Jantung Amerika Serikat menyarankan masyarakat untuk mengkonsumsi setidaknya dua daging ikan per minggu.

Namun, ada bukti yang menyebutkan bahwa menggoreng ikan bisa mengurangi jumlah asam lemak omega-3. Menggoreng meningkatkan jumlah lemak dan kalori makanan.

Nahab dan koleganya meneliti asupan ikan dari 21.675 masyarakat yang sering mengalami stroke di Amerika Serikat.

“Perbedaan konsumsi ikan dan cara memasak, menggoreng, berkontribusi terhadap rasio serangan jantung pada warga Afrika-Amerika,” ujar Fadi Nahab, ilmuwan yang melakukan studi ini.

Dengan makan lebih banyak ikan yang tidak digoreng, terutama ikan yang memiliki rasio asam lemak omega-3 yang tinggi atau memanfaatkan suplemen minyak ikan, kasus stroke dapat dicegah. Studi ini diterbitkan di jurnal Neurology.

0 comments:

Posting Komentar